RENCANA BISNIS (BUSINES PLAN)
Pendirian Butik Pakaian Muslim
1.
Tujuan Butik Pakaian Muslim
Untuk
Mendapatkan keuntungan dari penjualan pakaian muslim ini, dan dengan
berkembangnya fashion hijab dan busana muslim di harapkan bisa meningkatkan
omset lebih dan kedepannya bisa membuka cabang di kota/daerah lainnya.
2.
Pernyataan Misi
Membantu
wanita muslim mengekspolasi kreativitas dalam berbusana muslim, Memberi pilihan
yang memudahkan para wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat dan Membuat
produk yang dapat menjadi gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya
sehingga tetap bisa berpenampilan up to date.
.
3.
Jenis Perusahaan
Butik ini menyediakan aneka busana muslim dari umur remaja sampai dewasa selain
itu juga menyediakan berbagai jenis hijab beraneka ragam serta aksesories
pelengkap hijab, di butik ini kualitasnya terjamin dan harganya juga
terjangkau.
4.
Kepemilikan Perusahaan
Butik ini didirikan secara
perorangan.
5.
Sejarah Perusahaan
Butik ini baru akan
didirikan sekitar 1
tahun ke depan,
dengan tujuan memperoleh dan meningkatkan keuntungan secara terus menerus,
melalui upaya memenuhi kebutuhan konsumen. Lokasi usaha di Jl. TGH Ibrahim Al-Khalidy, Kediri, Nusa Tenggara Barat
(Lombok), lokasi yang strategis, nyaman dan
mudah di jangkau dari pusat kota. produk
yang ditawarkan adalah penyediaan berbagai
jenis busana muslim dan hijab yang trendy dan beraneka macam jenisnya, sehingga
diharapkan pembeli akan merasa puas dengan model dan pilihan
warnanya. Selain
itu juga butik ini menyediakan jasa pengiriman barang agar bisa terjangkau ke
semua wilayah di Indonesia ini, Perkembagan kedepannya
akan terus dilakukan, disesuaikan dengan kebutuhan maupun keinginan pelanggan yang setia pada butik ini.
6.
Jenis Produk/Jasa
Produk
yang disediakan adalah aneka busana
muslim remaja dan dewasa, aneka hijab dari hijab instans sampai hijab syar’i,
terdapat pula aksesories pelengkap hijab seperti ciput ninja, kalung dan hiasan
kerudung di kepala. dan
memiliki model
yang berbeda bila dibandingkan dengan butik
yang ada saat ini.
7. Karakteristik
Batik ini mengedepankan kepuasan pada konsumen,
konsumen akan dilayani dengan berbagai macam busana muslim yang trendy, dengan
kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan butik yang lain dan harga yang
terjangkau.
8. Analisis Biaya
Biaya Tetap
(Fixed cost) per tahun
Kami tidak banyak menggunakan alat
tahunan karena proses pembuatan produk kami menggunakan tenaga manusia. Di
bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jarum Sulam
|
12 pak
|
Rp.4000
|
Rp. 48.000
|
2
|
Jarum Jahit
|
12 pak
|
Rp.2000
|
Rp. 24.000
|
3
|
Alat Sulam
|
6 buah
|
Rp. 20.000
|
Rp. 120.000
|
4
|
Gunting
|
6 buah
|
Rp. 30.000
|
Rp. 180.000
|
TOTAL
|
Rp. 372.000
|
Biaya
Variabel (Variable cost) - Per Bulan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jilbab shifon
|
150 lbr
|
Rp. 15.000
|
Rp. 2.250.000
|
2
|
Jilbab paris
|
150 lbr
|
Rp. 8.000
|
Rp. 1.200.000
|
3
|
Benang Sulam
|
5 pak
|
Rp. 15.000
|
Rp. 75.000
|
4
|
Jilbab instant
|
1 karung
|
Rp. 75.000
|
Rp. 75.000
|
5
|
Album tutorial
|
150
|
Rp. 3000
|
Rp. 450.000
|
6
|
Plastik Kemasan
|
2 pak
|
Rp. 5000
|
Rp. 10.000
|
7
|
Listrik dan Internet
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 4.110.000
|
Biaya total
Biaya
total = Variable cost + Fixed
cost
= Rp.
4.110.000 + Rp. 372.000
= Rp. 4.482.000
Biaya
dan Harga Per Unit
Biaya tetap
yang dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 372.000 : 12 bulan =
Rp. 31.000
Total biaya
produksi yang dikeluarkan per bulan = Rp 31.000 + Rp 4.110.000 = Rp 4.141.000
Biaya per
unit adalah Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan
per bulan
4.141.000 : 150 buah = 27.606,666
Harga jual per unit Rp 45.000
Modal Awal
Modal awal = Total Biaya Tetap + Biaya
Variabel selama 1 Bulan
=
Rp 372.000 + Rp 4.110.000
= Rp 4.482.000
Analisis
Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga =
Total biaya produksi selama 1 bulan : Produksi
= 4.141.000 : 150 buah = 27.606,666
Harga jual per unit Rp 45.000
BEP produksi = Total biaya produksi selama 1 bulan : Harga per unit
= Rp 4.141.000 : 45.000 = 92 buah
Jadi, untuk
mencapai titik impas maka dalam 1 set hijab lukis yang harus terjual adalah
92 dengan harga per produk adalah Rp 45.000
Analisis
Keuntungan
Pendapatan : Hijab Lukis yang
terjual x harga jual = 150 x Rp 45.000
= Rp. 6.750.000
Total biaya produksi dalam 1 bulan : Rp. 6.750.000
Keuntungan =Pendapatan
–Total biaya produksi
= Rp 6.750.000 – Rp 4.141.000
= Rp 2.609.000
Jadi,
keuntungan yang diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp 45.000
per buah dalam 1 bulan adalah Rp 2.609.000
Pengembalian
Modal
Total biaya
Produksi : Laba usaha = Rp 6.750.000 : Rp 2.609.000
= 2,58 bulan (78
hari)
Catatan : - Dalam 1 bulan
diproduksi 150 buah hijab lukis
Hijab lukis yang harus dijual per
hari = 150 : 30 hari
= 5 set hijab lukis
Maka, Pay Back Period = BEP Produksi
: Penjualan per hari
= 92 : 5
= 19 hari
Jadi modal
akan kembali dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set hijab lukis tiap
harinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar